Blendercising: A Newbie in Action

-----BEGIN PGP SIGNED MESSAGE-----
Hash: SHA1

Hello people, gue mau nunjukkin hasil karya gue yang cukup baiklah. 3 hari berturut-turut, gue di rumah dan mencoba software blender. Gue mau buktiin bahwa open software bisa menghasilkan sesuatu yang keren. Ini hasil gambar gue.

Gambar #1: Dolphin lover


Ini gambar pertama gue yang gue bikin sendiri pake blender. Ini dikerjakan dari Tutorial 3 di tutorial resmi yang ada di situs Blender3d.org. Gue sekalian ngetes mirror effect, dengan menambah effect fresnel dan mirror di tubuh lumba-lumbanya. Cukup lucu, tadinya gue mau nyoba tambahin heart, jadi kedua lumba-lumba fantasi ini berenang di lautan cinta (HUEKSS, jijik banget!!!).

Terus, yang kedua ini gue lagi ngetes efek kaustik (Caustic Effect). Menurut gue, sih, gak begitu bagus, tapi it worth to posted since it's my first experiment using caustic effect. I rendered it using Blender + Yafray as raytracer.

Gambar #2: Heart


Gue coba juga eksperimen menggunakan tekstur dan kaustik. Lagi-lagi hasilnya gak bagus, tetapi gue punya ide dari sini, nih.

Gambar #3: Shattered Heart


Shattered heart emang hasil karya yang cukup menginspirasi. Konsep dari shattered heart ini adalah tentang hati yang menjadi luka dan rusak akibat dari rusaknya kepercayaan yang diberikan. Hati orang ini jatuh ke dasar dan terlihat luka-luka yang ada di hati. Cukup artistik, walau gambarnya juga gak begitu bagus. Menurut gue, dasarnya masih terlalu terang dan kurang berbatu. Once again, it's a newbie creation. Tetapi, setelah gue pikir-pikir, judulnya seharusnya sesuatu tentang hati yang telah mati. Eh, iya, kalo gitu judulnya ganti jadi: Dead Heart.

Setelah lama bereksperimen, gue sebenarnya berhasil menghasilkan suatu hasil karya yang bagus, yang gue kasih nama Black Heart. Tetapi, sayangnya itu file gue taruh di /tmp. Bokap gue marah-marah gara-gara gue begadang (kurang tidur) dan dari pagi sampe hampir pagi di depan komputer make blender. Jadi, gue terpaksa shutdown dan gue lupa ngesave. Mungkin, memang twisted heart itu tidak baik. :-P

Nah, gue coba-coba efek kaustik dari tutorial yang ada dari seseorang di RealFX menggunakan Yafray. Gue bikin di Blender + Yafray. Lagi-lagi efek kaustik gagal, tetapi efek gelas (glass effect) cukup memuaskan. Ini nih:

Gambar #3 : Precious Name


Tadinya gue pengen bikin efek permata, tetapi kalo kaya berlian, nama berharga itu gak keliatan. Terpaksa, deh, gue kurangin mesh-nya. Ini gue bikin pake 2 sun light, 1 spot light, 1 area light, dan 1 photon light.

Di sini gue baru sadar kalo ternyata render bisa dilakukan dengan multithread. Gue menggunakan jumlah maksimal 8 thread di sini. Yang mengejutkan, gue tetap bisa dengerin lagu sambil buka Opera 8 baca-baca tutorial dan tetap responsif. Kayaknya thread yang digunakan adalah OpenGL thread yang cuma bisa 8 thread. Pantesan kompie gue masih responsif abis. LINUX ROCKS!!!

Nah, inilah dia karya terakhir gue:

Gambar #4 : Who's heart is this?


Konsep dari gambar ini adalah tentang suatu hati yang kembali ditemukan di sebuah gudang tua di antara tumpukan barang. Hati itu telah lama ditaruh di sana, sepertinya pemiliknya tidak lagi memperhatikan hatinya. Gambar di atas menggunakan 1 area light dan sengaja memanfaatkan emmitence.

Efek yang tadinya gue mau tambahin adalah kotoran (dengan menggunakan tekstur noise dan beberapa plain bantuan). Lalu, gue juga mau ngurangin emmitence dari tiap benda. lalu, gue juga mau tambahin efek cahaya matahari yang masuk lewat suatu lubang. Terus, surroundingnya mau gue persuram.

Tetapi, kembali bokap masuk ke kamar dan beri peringatan. Well, he's right, I must stop! Wuah, gak nyangka, gue ternyata capek banget. But, it's really fun! Akhirnya gue bisa bangun pagi di atas jam 8, horee, gue bisa tidur kaya kebo.

Dari sini, gue cuma mau nunjukkin, open software bukanlah sampah eksperimen. They can be used as powerful tools. Mari rame-rame menggunakan open source!

TODO: Blender + PovRAY (using PovANIM)

Software:
Blender 2.37a
Yafray 0.0.7 (CVS-06-08-2005) --> build on LFS GCC 3.4.2 using SCons

Setiap gambar di-raytracing dengan resolusi 800x600


G B U
J P


-----BEGIN PGP SIGNATURE-----
Version: GnuPG v1.4.1 (GNU/Linux)

iD8DBQFC0jw4B8/qHi6Ah8wRAmlQAJ9po4/ASA4A7KK2e91k3IimEAh+1QCfUqQ2
0e8xGxr/c04+alCYxZhc1G0=
=clHW
-----END PGP SIGNATURE-----

Comments

  1. Jep, lucuan komen lu daripada gambarnya :D tapi yang lumba2 bole juga..

    ReplyDelete
  2. jepe.... kocak abis.. kayaknya pengungkapan isi hati nih!! :P

    ReplyDelete
  3. Whua..ha..ha... Tutorial Blender yang gue dapet emang bikin ginian.
    Tutorial 1 --> Bikin Smiley
    Tutorial 2 --> Bikin Hati
    Tutorial 3 --> Bikin lumba-lumba
    Tutorial selanjutnya males gue kerjain (ngerasa udah jago, he..he..he..he..he...)

    Gampang, Iang, loe tinggal download Tutorial di Blender. Mudah, kok, cara pake Blender (asumsi belum pake yang lain).

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts